Contact
Search the Web:


Tanggal Upload 2018-08-08
Oleh Elis Vita Aries Santhi, S.Si


Peranan Ilmu Kimia dalam Kehidupan


PERANAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
 
Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat, struktur, komposisi, dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan materi.

Kita akan melihat begitu banyak penggunaan bahan kimia dalam kehidupan. Kita akan menemukan bahan kimia dalam rumah tangga seperti deterjen atau sabun yang kita pakai, makanan yang kita makan, bahkan, ada dalam emosi kita.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, baik dalam bidang informasi, komunikasi dan IPTEK. Ilmu kimia juga semakin berkembang secara signifikan, ini ditandai dengan digunakannya ilmu kimia dalam produk-produk yang dihasilkan manusia.
 
Berikut adalah peranan ilmu kimia dalam berbagai bidang.
 
1.)    Peranan Kimia di bidang Kesehatan
Bahan-bahan kimia sering digunakan sebagai obat-obatan. Obat dibuat berdasarkan hasil penelitian terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat secara medis terhadap suatu penyakit. Hal ini dipelajari dalam cabang ilmu Kimia Farmasi. Contohnya, etanol atau alkohol digunakan dalam proses pelarutan obat dan sebagai pensteril alat-alat kedokteran.
   
2.)    Peranan Kimia di bidang Pertanian
Kimia di bidang pertanian sangatlah penting pada era modern seperti ini. Kemajuan dari ilmu kimia berperan dalam penemuan dan pembuatan komposisi baru pada pertanian seperti pada pembuatan obat pembasmi hama yang notabene terdiri dari bahan-bahan kimia, kemudian sekarang ini juga telah berkembang banyak jenis dari pupuk-pupuk kimia di pasaran yang juga merupakan hasil dari kemajuan ilmu kimia di bidang pertanian.
   Kimia dalam Pertanian
3.)    Peranan Kimia di bidang Geologi
Bidang ini berkaitan dengan penelitian batu-batuan (mineral) dan pertambangan gas dan minyak bumi. Proses penentuan unsur-unsur yang menyusun mineral dan tahap pendahuluan untuk eksplorasi, menggunakan dasar-dasar ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu memahami serta mengerti temuan para peneliti tentang bebatuan atau “benda-benda” alam.
Kimia dalam Geologi
 
4.)    Peranan Kimia di bidang Hukum
Di Bidang Hukum Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.
   Kimia dalam Hukum
5.)    Peranan Kimia di bidang Pertenakan
Ilmu kimia pada bidang pertenakan sangat berperan khususnya untuk pertenakan di era modern ini. Kemajuan dari ilmu kimia mendorong terobosan-terobosan baru yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dari hasil pertenakan ini, contohnya pada penggunaan hormon penggemuk sapi yang tak lepas dari eksperimen-eksperimen kimia di dalam pembuatannya, dan juga pada proses pengolahan dari limbah itu sendiri menjadi pupuk, dll yang  di dalamnya terkandung dari proses-proses pengolahan senyawa2 kimia seperti gas methana, ammonia dan gas organik lainnya.
  
 6.)    Peranan Kimia di bidang Biologi
Peranan kimia di bidang biologi tak bisa dilepaskan, mengingat dari objek2 biologi yang terdiri dari unsur2 senyawa kimia. Pembelajaran enzim, hormon, dll termasuk contoh dari adanya peranan kimia di dalam ilmu biologi. Ilmu kimia bermanfaat untuk mempelajari mekanisme metabolisme dalam sel-sel hidup, mempeljari peran senyawa-senyawa organik seperti protein, lemak, karbohidrat dalam tubuh, dll
  Kimia dalam Biologi
 7.)    Peranan Kimia di bidang Industri
Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia
   
8.)    Peranan Kimia di bidang Arsitektur
Kimia berperan penting dalam bidang arsitektur. Dengan kemajuan ilmu kimia maka berkembang pula keragaman arsitektur, variasi model, dan bahan-bahannya. Bahan2-baham baru hasil eksperimen dari berbagai senyawa kimia telah menghasilkan banyak komposisi di bidang arsitektur, contohnya dengan adanya penggunaan semen.
 
9.)    Peranan Kimia di bidang Permesinan
Manfaat Ilmu kimia juga bisa mengenai bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatan mesin (mengetahui logam yang mana dan kecocokannya dengan mesin yang akan dikembangkan, maka ahli mesin harus mempelajari setiap logam yang ada dialam ini. Disinilah letak ilmu kimia diterapkan dalam bidang mesin), mempelajari sifat, komposisi bahan bakar dan minyak pelumas mesin.
Kimia dalam Mesin
10.)    Peranan Kimia di bidang Teknik Sipil
Bahan-bahan yang digunakan dalam bidang ini adalah semen, kayu,  cat, paku, besi, paralon (pipa PVC), lem dan sebagainya. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam hal ini adalah agar bahan-bahan bangunan tersebut dapat diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dikemudian hari.
 
11.)     Peranan kimia di bidang Dunia Seni
Industri kimia menghasilkan cat untuk memperindah suatu bahan atau bangunan. Bahan kimia yang ada dalam cat tembok antara lain kalsium karbonat, titanium dioksidapolivinil akrilik, kaolin pigmen, dan air.
 
12.)     Peranan kimia di bidang Ilmu Forensik
Para ilmuwan forensik menggunakan bahan kimia untuk memecahkan masalah-masalah criminal. Bahan kimia yang digunakan antara lain sianoakrilat, perak klorida, dan ninhidrin.
 
13.)     Peranan kimia di bidang Fisika
Digunakan untuk membantu penemuan material-material baru dalam bidang listrik (semikonduktor), magnet.
 
14.)     Peranan kimia Di Bidang Komputasi
Seperti telah kita ketahui di awal bahwa salah sau komponen perangkat keras (hardware) computer adalah Microchip terbuat dari silicon yang tentu saja di perlukan ilmu kimia untuk membuatnya. Selain itu bagian paling luar computer adalah plastic yang juga hasil industri kimia.
 
15.)     Peranan kimia di bidang Fotografi
Penemuan foto berwarna juga tidak terlepas dari peranan kimia dalam membuat zat warna yang peka terhadap cahaya.
 
16.)    Peranan kimia di bidang Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

Terciptanya PLTN, yaitu suatu sumber energi baru berdaya guna sangat besar yang pada prinsipnya menggunakan teori pemecahan maupun penggabungan atom. Sering disebut reaksi fisi maupun reaksi fusi.

13.) Peranan  kimia  di  bidang  Seni
Industri  kimia  menghasilkan  cat warna  untuk  memperindah  suatu  melukis dalam berbagai media. Bahan  kimia  yang  ada  dalam  cat  tembok  antara  lain  kalsium  karbonat, titanium  dioksidapolivinil, akrilik, air.

14.) Peranan kimia  di  bidang  Arkeologi
~ Penentuan  usia  fosil  yang  biasa  dilakukan  saat  ini  merupakan  salah  satu  hasil  penerapan  Ilmu  Kimia. Fosil  yang  ditemukan  dapat  ditentukan  usianya  dengan  radiosotop  karbon-14.
~ Me
nentukan  umur  suatu  benda  purbakala  melalui  teori  peluruhan  radioaktif.

Kimia dalam Arkeologi

15.) Bidang Teknik Sipil

Kimia dalam Teknik Sipil

Kayu, cat, semen, paku, besi, lem, paralon, dan sebagainya adalah bahan-bahan yang wajib digunakan dalam tekni sipil. Semua bahan-bahan ini adalah produk dari penerapan ilmu kimia. Selain makromolekul jenis ini, bahan-bahan ini juga di uji kualitasnya menggunakan ilmu kimia juga.

Berikut beberapa contoh lain terkait dengan senyawa kimia yang berhubungan erat dalam kehidupan kita : 

Senyawa Kimia Cinta

Anda pernah jatuh cinta? Ketika jatuh cinta, otak akan menstimulus senyawa kimia tertentu dan membuat anda mengalami beberapa perubahan. Oleh karena itu, saat jatuh cinta anda akan merasakan jantung berdebar, tersipu-sipu, malu, merasa tentram dan masih banyak reaksi perubahan lainnya yang dialami tubuh.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Semua reaksi ini didorong oleh senyawa kimia cinta seperti senyawa phenyletilamine (2-fenietilamina), dopamin (3-hidroksitiraminihidrogenklorida atau 3,4-dihidroksiphenetilamin) , nenopinephrine, endorfin, dan oksitosin. Seluruh senyawa kimia cinta ini diinisiasi oleh hormon feromon sehingga meransang hipotalamus untuk membentuk senyawa-senyawa cinta tersebut.

Lihat betapa pentingnya peranan kimia dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menjalin hubungan cinta kasih antara sesama makhluk hidup.

Bahan Kimia dalam Tabir Surya

Tabir surya merupakan salah satu penggunaan bahan kimia dalam kehidupan. Untuk anda yang aktif dan sering beraktifitas di bawah sinar matahari pasti tidak asing dengan penggunaan tabir surya.

Tabir surya dibuat dengan menggabungkan bahan kimia organik dan anorganik. Penggabungan bahan kimia ini akan menyaring cahaya matahari sehingga tidak mencapai lapisan terdalam kulit anda. Dalam tabir surya terdapat partikel yang bersifat reflektif. Biasanya partikel reflektif ini terdiri dari zinc oxide atau titanium oksida.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Kimiawi Kopi Membuat Terjaga

Ingin terjaga selama penelitian di laboratorium atau aktifitas di tempat kerja? Kopi adalah salah satu solusinya. Dalam kopi terdapat kandungan senyawa kimiawi yang membantu anda terjaga. Senyawa kimiawi itu disebut dengan adenosine. Senyawa kimia yang satu ini berperan dalam mengikat reseptor tertentu dan memperlambat aktivitas sinyal sel saraf yang berkaitan dengan tidur.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Warna-Warni Buah dan Sayuran

Peran kimia juga ada dalam makanan yang kita makan, terutama pada buah dan sayuran. Aneka buah dan sayuran memiliki warna yang variatif karena mengandung jenis khusus dari senyawa kimiawi bernama carotenoid.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Baca : Khasiat Buah Delima Yang Diminta Raja Salman Saat Di Bali

Dalam karotenoid terdapat kromofor yang dapat menyerap dan melepaskan panjang gelombang tertentu sehingga akan menghasilkan warna yang ditangkap oleh indera pengelihatan kita. Kromofor merupakan senyawa organik yang memiliki ikatan rangkap dan sensitif terhadap cahaya.

Mengapa Anda Menangis Saat Mengiris Bawang?

Bahan kimia yang terkandung dalam bawang ini akan membuat anda menangis saat memotong atau mengiris bawang. Tahukah anda bahan kimia apakah itu? Tepat. Sulfur yang terkandung di sel-sel bawang akan pecah ketika bawang dipotong. Kemudian, sulfur akan bercampur dengan air dan menyebabkan mata anda teriritasi. Oleh sebab itulah anda mengeluarkan air mata.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jadi, ingat ya... bahan kimia tidak selalu berhubungan dengan bahaya atau sesuatu yang menakutkan.wink