Contact
Search the Web:


Tanggal Upload 2018-08-08
Oleh Wulan Nafesa Septine, S.T


MARIADB VS MYSQL


MySQL

MySQL  adalah software manajemen basis data yang dapat multithread dan multi user. MySQL ini turunan dari konsep database dalam pemilihan, seleksi dan proses input data yang dioperasikan secara otomatis dan mudah. Penemu dari MySQL ini adalah Michael “Monty” Widenius di tahun 1979.

MariaDB

MariaDB adalah software sistem manajemen basis data yang nyaris sama dengan MySQL. Kenapa ? itu karena pengembang dari MariaDB ini adalah founder dari MySQL yaitu Michael “Monty”. Alasan dia untuk membuat MariaDB adalah MySQL itu sendiri telah di ambil alih oleh ORACLE sehingga menyebabkan MySQL menjadi produk yang berlisensi dan nantinya akan menjadi product komersil. Untuk penamaan MariaDB ini sendiri juga diambil dari nama anak dari Monty yaitu maria. Tidak ketinggalan pun, perusahaan raksasa seperti Google juga sudah berpindah ke MariaDB untuk penggunaan databasenya. Entah apa yang membuat google pindah, tetapi banyak muncul spekulasi dari ini. Ada yang berpendapat karna masalah ORACLE dengan Google dahulu, ataupun karna MariaDB adalah produk opensource (nonlicence).

Berikut tools yang terdapat pada mariaDB :

  1. Dbedit
  2. HeidiSQL
  3. Navicat
  4. phpMyAdmin
  5. SQLyog
  6. Database Workbench

 

alasan mengapa MariaDB lebih baik daripada MySQL.

1. Pengembangan MariaDB Lebih Terbuka dan Cepat

Pengembangan MariaDB lebih terbuka dan cepat jika dibandingkan dengan MySQL. Oracle memang masih mengembangkan MySQL dan bahkan Oracle telah mempekerjakan pengembang baru MySQL yang kompeten setelah sebagian besar pengembang aslinya mengundurkan diri. Namun pada setiap rilis terbarunya MySQL, Oracle jarang mempublikasikan perubahan – perubahan pada MySQL, mungkin hanya sebagian perubahan yang dipublikasikan.

Sedangkan pengembangan MariaDB sangat terbuka. Semua perubahan, penambahan fitur dan peningkatan dapat diketahui secara terbuka dan kita dapat berpartisipasi dalam pengembangannya pada mailing list publik yang telah dibuat sejak tahun 2009.

2. Lebih Cepat dan Transparan Dalam Rilis Keamanan

Oracle memiliki aturan dalam membuat rilis keamanan hanya setiap 3 bulan sekali untuk semua produknya dan rilis untuk fitur dan peningkatan MySQL setiap 2 bulan sekali. Kadang informasi rilis ini kurang jelas dikarenakan rilis antara keamanan dan peningkatan yang tidak sinkron. Juga pada catatan rilis MySQL tidak terdapat daftar CVE (Common Vulnerabilities and Exposures)yang telah diperbaiki, hal ini tentu membuat orang – orang bingung apakah bug atau celah CVE telah diperbaiki atau tidak.

Sebaliknya, MariaDB mengikuti standar industri dalam merilis update keamanan dan fitur secara bersamaan. Juga setiap rilis terbaru MariaDB selalu memberitahukan CVE apa saja yang telah diperbaiki. Bahkan ketika ada CVE baru yang muncul, hanya dalam beberapa saat, update untuk memperbaiki bug tersebut sudah dirilis.

3. Lebih Banyak Fitur dan Cepat Dalam Menambahkan Fitur Baru

Memang Oracle juga terus menambahkan fitur – fitur baru pada MySQL, namun kebanyakan fitur yang diimplementasikan pada MySQL sudah lebih dulu menjadi bagian MariaDB. Seperti contohnya fitur GIS yang dirilis pada MySQL versi 5.7, sedangkan MariaDB sudah memiliki fitur tersebut sejak rilis versi 5.3 dari MariaDB.

4. Memiliki Banyak Jenis Storage Engine

MariaDB memiliki banyak Storage Engine yang dapat diaplikasikan ke MariaDB seperti XtraDB, Aria, Cassandra, Spider, TokuDB dan lainnya bisa Anda lihat selengkapnya di halaman Storage Engine yang didukung MariaDB.

Memang pada MySQL juga mendukung sebagian dari Storage Engine diatas, namun jika Anda ingin menggunakan Storage Engine tersebut Anda harus menggunakan pihak ketiga. Sedangkan MariaDB secara resmi mendukung storage engine diatas dan Anda dapat menggunakannya dengan lancar karena telah didukung secara resmi.

5. Performa Yang Lebih Baik

MariaDB mengklaim bahwa softwarenya memiliki kinerja yang lebih baik dalam query dan performa. Kebanyakan Benchmark yang dilakukan menunjukkan bahwa MariaDB lebih cepat daripada MySQL.

Indoworx sendiri telah mencoba melakukan perbandingan antara MySQL dan MariaDB, hasilnya MariaDB sedikit lebih unggu daripada MySQL, juga kami merasakan penggunaan resource pada server berkurang setelah menggunakan MariaDB yang artinya MariaDB lebih hemat resource ketimbang MySQL.