Contact
Search the Web:


Tanggal Upload 2018-06-02
Oleh Surahman, S.Pd


Apa Ekonomi Kreatif dan Pontensi Besar Bagi UKM


Apa Ekonomi Kreatif dan Pontensi Besar Bagi UKM

 

Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang penopang utamanya adalah informasi dan kreativitas di mana ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor produksi yang utama dalam kegiatan ekonomi.

Kebanyakan orang paham mengenai definisi ekonomi sehingga menganggap keduanya sama. Padahal antara ekonomi kreatif dengan ekonomi itu berbeda. Ekonomi kreatif gabungan dari ekonomi dan kreatif. Makna ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari salah satu aktivitas manusia yang berhubungan erat dengan masalah produksi, distribusi serta konsumsi terhadap sebuah jasa atau barang. Sedangkan kreatif adalah kemampuan untuk memberi suatu gagasan baru dalam pemecahan masalah.

Baca juga : Ide Usaha Kreatif dan Unik

Sehingga Ekonomi kreatif adalah suatu kegiatan ekonomi di mana input dan output adalah gagasan atau dalam satu kalimat yang singkat, esensi dari kreativitas adalah gagasan. Dan sebaiknya konsep kewirausahaan maupun konsep ekonomi kreatif terdapat unsur benang merah yang sama yakni terdapat konsep kreativitas, ide atau gagasan serta konsep inovasi.

 

Selain ekonomi kreatif, yang sering salah didefinisikan oleh kebanyakan orang adalah pengertian  industri kreatif. Mereka berpikir Pengertian industri kreatif sama dengan industri. Industri kreatif adalah industri yang mengandalkan ketrampilan, talenta dan kreativitas yang berpotensi dalam meningkatkan kesejahteraan. Departemen Perdagangan RI mengatakan bahwa definisi dari industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan ketrampilan, kreativitas dan bakat individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Industri ini biasanya akan berfokus untuk memberdayakan daya cipta dan daya kreasi suatu individu.

Siapa yang mengelola Industri Kreatif di Indonesia?

Industri kreatif di Indonesia tergolong masih baru. Begitu juga yang mengelola industri kreatifnya. Dulu saat kabinet Susilo Bambang Yudhoyono industri ekonomi kreatif masuk ke dalam kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. Namun di kabinet Joko Widodo nama ekonomi kreatif dihapuskan dari kementerian pariwisata. Tetapi diganti menjadi Badan Ekonomi Kreatif atau disingkat BEKRAF yang diketuai oleh Triawan Munaf, ayah dari penyanyi Sherina Munaf.