Contact
Search the Web:


Tanggal Upload 2018-05-04
Oleh Fatmawati, S.I.Kom


Metode Pencarian Data


JENIS-JENIS SEARCHING DALAM ALGORITMA PEMROGRAMAN

 

  1. Sequential search
    Disebut juga sebagai metode pencarian urut adalah metode pencarian yang paling mudah. Adalah suatu teknik pencarian data dalam array ( 1 dimensi ) yang akan menelusuri semua elemen-elemen array dari awal sampai akhir, dimana data-data tidak perlu diurutkan terlebih dahulu. Kemungkinan terbaik (best case) adalah jika data yang dicari terletak di indeks array terdepan (elemen array pertama) sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pencarian data sangat sebentar (minimal). Sedangkan kemungkinan terburuk (worst case) adalah jika data yang dicari terletak di indeks array terakhir (elemen array terakhir) sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pencarian data sangat lama (maksimal).

Sequential search memiliki proses sebagai berikut:

»     Tentukan banyaknya data yang akan di olah, misal banyak data adalah N.

»     Tentukan data apa yang akan dicari, misal data yang akan dicari adalah C.

»     Deklarasikan sebuah counter untuk menghitung banyak data yang ditemukan, missal counternya adalah K.

»     Inisialisasikan K =0

»     Lakukanlah perulangan sebanyak N kali

»     Dalam tiap proses perulangan tersebut periksalah apakah data yang sedang diolah sama dengan data yang dicari.

»     Jika ternyata sama K=K+1

»     Jika tidak, lanjutkan proses perulangan .

»     Setelah proses perulangan berhenti, periksalah nilai K.

»     Jika nilai K lebih dari 0, artinya data yang dicari ada dalam data /array dan tampilkan   nilai K ke layer sebagai jumlah data yang ditemukan.

»     Jika nilai K=0, artinya data yang dicari tidak ditemukan dalam data / array dan tampilkan ke layar bahwa data tidak ditemukan

»     Proses selesai.
Dapat disimpulkan bahwa sequential search, akan mencari data dengan cara membandingkannya satu-persatu dengan data yang ada. Prosesnya tentu saja akan singkat jika data yang diolah sedikit, dan akan lama jika data yang diolah banyak. Disarankan proses ini digunakan pada jumlah data yang sedikit saja.

  1. Binary Search.
    Proses pencarian binary search hanya dapat dilakukan pada kumpulan data yang sudah diurutkan terlebih dahulu. Jika terdapat N buah data yang akan diolah, data yang dicari akan dibandingkan dengan data ke-N jika data ke-N lebih besar dari data yang dicari maka akan dilakukan pembagian data menjadi dua bagian. Kemudian ujung data pada setiap bagian dibandingkan lagi dengan nilai yang akan dicari.

Sumber : (http://student.blog.dinus.ac.id/fredoandrean/2017/08/08/jenis-jenis-searching-dalam-algoritma-pemrograman/).