Contact
Search the Web:


Tanggal Upload 2018-04-17
Oleh Wibowo Adi Nugroho, S.Pd


Fungsi Invers dan Sifat Fungsi Invers pada Komposisi Fungsi Fungsi invers adalah pemetaan yang memiliki arah berlawnan dengan fungsinya. Misalkan suatu fungsi mematakan dari himpunan A ke B. Maka, yang dimaksud fungsi invers adalah fungsi yang memetakan dari B ke A. Pada halaman ini, sobat idschool akan mempelajari fungsi invers dan sifat fungsi invers pada komposisi fungsi. Suatu fungsi dengan sifat tertentu memiliki invers, fungsi tersebut adalah fungsi yang memiliki sifat bijektif atau korespondensi satu-satu. Begitu juga dengan komposisi fungsi. Komposisi dari dua buah fungsi yang memiliki invers juga akan memiliki invers. Misalkan suatu fungsi memiliki invers dan memiliki invers . Komposisi dan juga akan memiliki invers. Komposisi invers ini memiliki sifat fungsi invers yang akan dijelaskan kemudian. Sebelumnya, perhatikan penertian invers yang dijelaskan melalui gambar di bawah untuk membantu pemahaman sobat idschool mengenai fungsi invers. Fungsi Invers dan Sifat Fungsi Invers pada Komposisi Fungsi Fungsi invers adalah pemetaan yang memiliki arah berlawnan dengan fungsinya. Misalkan suatu fungsi mematakan dari himpunan A ke B. Maka, yang dimaksud fungsi invers adalah fungsi yang memetakan dari B ke A. Pada halaman ini, sobat idschool akan mempelajari fungsi invers dan sifat fungsi invers pada komposisi fungsi. Suatu fungsi dengan sifat tertentu memiliki invers, fungsi tersebut adalah fungsi yang memiliki sifat bijektif atau korespondensi satu-satu. Begitu juga dengan komposisi fungsi. Komposisi dari dua buah fungsi yang memiliki invers juga akan memiliki invers. Misalkan suatu fungsi memiliki invers dan memiliki invers . Komposisi dan juga akan memiliki invers. Komposisi invers ini memiliki sifat fungsi invers yang akan dijelaskan kemudian. Sebelumnya, perhatikan penertian invers yang dijelaskan melalui gambar di bawah untuk membantu pemahaman sobat idschool mengenai fungsi invers. Fungsi Invers dan Sifat Fungsi Invers pada Komposisi Fungsi Fungsi Invers dan Sifat Fungsi Invers pada Komposisi Fungsi Fungsi invers


Fungsi Invers dan Sifat Fungsi Invers pada Komposisi Fungsi

Fungsi invers adalah pemetaan yang memiliki arah berlawnan dengan fungsinya. Misalkan suatu fungsi mematakan dari himpunan A ke B. Maka, yang dimaksud fungsi invers adalah fungsi yang memetakan dari B ke A. Pada halaman ini, sobat idschool akan mempelajari fungsi invers dan sifat fungsi invers pada komposisi fungsi. Suatu fungsi dengan sifat tertentu memiliki invers, fungsi tersebut adalah fungsi yang memiliki sifat bijektif atau korespondensi satu-satu. Begitu juga dengan komposisi fungsi. Komposisi dari dua buah fungsi yang memiliki invers juga akan memiliki invers. Misalkan suatu fungsi Description: f(x) memiliki invers Description: f^{-1}(x) dan Description: g(x) memiliki invers Description: g^{-1}(x) . Komposisi Description: f(x) dan Description: g(x) juga akan memiliki invers. Komposisi invers ini memiliki sifat fungsi invers yang akan dijelaskan kemudian. Sebelumnya, perhatikan penertian invers yang dijelaskan melalui gambar di bawah untuk membantu pemahaman sobat idschool mengenai fungsi invers.

Pada gambar sebelah kiri ditunjukkan sebuah fungsi Description: f(x) yang memiliki fungsi invers Description: f^{-1}(x) . Gambar di sebelah kanan adalah komposisi dua buah fungsi dan inversnya.


Sebelum membahas mengenai sivat invers pasa komposisi fungsi. Kita akan mempelajari terlabih dahulu proses mencari invers dari suatu fungsi.
 
Penjelasan akan disajikan dalam bentuk soal dan pembahasan, jadi simak soal dan pembahasan tentang invers fungsi di bawah dengan baik.
 
Tentukan invers dari fungsi f(x) di bawah.