Contact
Search the Web:


Tanggal Upload 2018-01-05
Oleh Edi Junaedi, S.Pd.I


PERBEDAAN TAHUN MASEHI & HIJRIYAH


PERBEDAAN TAHUN BARU MASEHI DAN HIJRIYAH

Sangat menyedihkan ketika semua orang menghafal urutan bulan pada kalender Masehi, namun kesulitan setengah mati menghafal urutan nama bulan pada kalender Hijriyah.

Apalagi, terdapat banyak perbedaan lainnya antara Tahun Masehi dan Hijriyah, berikut beberapa di antaranya, semoga dapat menambah wawasan:

1. Perbedaan Asal Mula Penghitungan

Setelah wafatnya Nabi Muhammad, diusulkan kapan dimulainya Tahun 1 Kalender Islam. Ada yang mengusulkan adalah tahun kelahiran Muhammad sebagai awal patokan penanggalan Islam. Ada yang mengusulkan pula awal patokan penanggalan Islam adalah tahun wafatnya Nabi Muhammad.Pada tahun 638 M (17 H), khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun di mana hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah.

Sedangkan kalender masehi merupakan salah satu sistem penanggalan yang dibuat berdasarkan pada peredaran bumi mengelilingi matahari (syamsiah solar sistem) yang penanggalannya dimulai semenjak kelahiran Nabi Isa Almasih as. (sehingga disebut Masehi; Masihi). Nama lain dari kalender ini adalah kalender Milladiah (kelahiran).

Tahun baru pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM. Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ketujuh SM. Dalam mendesain kalender baru ini, Julius Caesar dibantu oleh Sosigenes, seorang ahli astronomi dari Iskkitariyah, yang menyarankan agar penanggalan baru itu dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, sebagaimana yang dilakukan orang-orang Mesir.

Satu tahun dalam penanggalan baru itu dihitung sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari. Caesar juga memerintahkan agar setiap empat tahun, satu hari ditambahkan kepada bulan Februari, yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru ini. Tidak lama sebelum Caesar terbunuh di tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Augustus, menjadi bulan Agustus.

2. Perbedaan Penentuan Tanggal

Penentuan dimulainya sebuah hari/tanggal pada Kalender Hijriyah berbeda dengan pada Kalender Masehi. Pada sistem Kalender Masehi, sebuah hari/tanggal dimulai pada pukul 00.00 waktu setempat. Namun pada sistem Kalender Hijriah, sebuah hari/tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut.

 Islam seperti yang kita ketahui memiliki cara penanggalan bulan dan tahun berbeda yang didasarkan pada perhitungan perputaran bulan pada bumi. Awal penanggalan tersebut disepakati berdasarkan momen hijrahnya Rasulullahdari Mekkah ke Madinah, sesuai dengan ide dari Ali bin Abi Thalib.

Penanggalan yang didasarkan pada perputaran bulan atau disebut dengan tahun qomariah ini sesuai dengan firman Allah dalam surah Yunus.

Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).” (Q.S Yunus: 5)

Lalu apa saja sih perbedaan dari tahun hijriah dan masehi ?

Penetapan Awal Tahun

Seperti yang sudah disinggung di atas, awal penanggalan hijriah ditetapkan berdasar pada hijrahnya Rasulullah shallallahu Alaihi wa Sallam. Oleh karena itu, maknanya adalah setiap tahun kita harus berhijrah. Pindah dari hal buruk pada hal yang lebih baik. Sedangkan masehi, diawali berdasar pada  kelahiran Yesus sebagai tahun permulaan.

Perhitungan Pergantian Hari

Jika masehi memulai hri baru setelah 24 jam, maka hijriah menetapkan pergantian harinya setelah matahari terbenam (magrib).

Jumlah Hari

Penanggalan masehi, memiliki jumlah hari yang berkisar antara 30-31 hari setiap bulan dan itu statis. Maksudnya, dari awal hingga sekarang Januari memiliki jumlah hari sebayak 31. Nah, pada tahun hijriah hari hanya berkisar pada angka 29-30 dan tiap bulan tidak lah tetap.

Jumlah hari dalam satu tahun

Karena setiap bulan harinya berbeda dan lebih sedikit, hal itu mempengaruhi pada jumlah hari pada satu tahun. Hijriah hanya memiliki 354 hari, lebih sedikit 11 hari dibanding masehi yang memiliki 365 hari.