Contact
Search the Web:


Tanggal Upload 2017-12-15
Oleh Wulan Nafesa Septine, S.T


Pengembangan Aplikasi Dekstop Dan Hak Pemakaian Pada Pengguna


Desktop ditinjau dari asal katanya yaitu desk yang berarti meja dan top yang berarti di atas, dapat diartikan secara harfiah menjadi suatu komputer yang ditempatkan di atas meja dan digunakan untuk berbagai keperluan, baik itu keperluan pribadi maupun pekerjaan. Desktop merupakan komputer yang tidak diperuntukkan untuk dibawa kemana-mana ataupun dijinjing. Sebuah komputer desktop digunakan untuk mengakses program tertentu. Program yang diakses pada komputer desktop inilah yang seringkali disebut dengan aplikasi desktop. Aplikasi desktop merupakan aplikasi yang dapat berjalan sendiri tanpa memerlukan adanya koneksi internet .

 

Pengembangan aplikasi Desktop merupakan bagian yang penting dari layanan pengembangan perangkat lunak kami. Kami mengembangkan fungsi pada perangkat lunak untuk berbagai industri di seluruh platform. Pengalaman luas yang kami miliki, memungkinkan kami untuk membuat aplikasi desktop yang user-friendly yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien.

Perusahaan biasanya menggunakan teknologi C #, NET Framework (WinForms, WPF), Entity Framework untuk membuat aplikasi cross-platform desktop yang handal:

pengembangan perangkat lunak untuk perusahaan berupa:

 

Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan pada perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain public, shareware, freeware, dan rentalware.
a. Perangkat lunak komersial
Perangkat lunak harus dibeli. Ada hak ciptanya.
b. Perangkat Lunak domain-public
Perangkat lunak ini bersifat gratis dan tidak ada hak cipta.
c. Shareware
Perangkat lunak ini bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus-menerus. Seringkali ada hak cipta, tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.
d. Freeware
Perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis atau cuma-cuma.
e. Free Software
Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai. Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah.
f. Open Source
Serupa dengan free software, hanya berbeda dalam filosofinya. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasiaplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain, sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dimasukkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah. Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain sebagai berikut.
a. Perangkat lunak perusahaan (enterprise).
b. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan (bisnis).
Perangkat lunak ini digunakan untuk menangani aplikasi bisnis. Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (account receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem akademis).
c. Perangkat lunak media dan hiburan.
Perangkat lunak media dan hiburan mencakup program-program permainan (game), program untuk memainkan musik (winamp), dan program untuk memainkan film (Xing).
d. Perangkat lunak pendidikan
Perangkat lunak ini berguna untuk mempelajari/mereferensi suatu pengetahuan. Termasuk dalam kategori ini adalah program kamus, ensiklopedia, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi.
e. Perangkat lunak pengembangan media.
f. Perangkat lunak rekayasa produk.
g. Perangkat lunak informasi dan produktivitas kerja